INILAH 10 KAROMAH ORANG YANG BERSHOLAWAT

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Imam Muhammad ibn Sulaiman al-Jazuli adalah seorang ulama yang masyhur di kalangan Ahlussunah Wal Jama’ah, beliau juga merupakan seorang Imam besar Sufi yang berasal dari Maroko. Karya beliau yang sangat fenomenal dan populer adalah kitab sholawat “Dala’ilul Khoirot”.

Dikisahkan asal muasal Imam Jazuli menyusun kitab sholawat dala’ilul khoirot, bahwa suatu ketika tengah berjalan-jalan di padang pasir, saat waktu sholat tiba, beliau berusaha mencari sumber air untuk berwudhu dan melepaskan dahaganya.

Setelah beberapa saat menyusuri padang pasir, beliau menemukan sebuah sumur yang sangat dalam. Sumur itu masih menyimpan air, tapi sayang Imam Jazuli tak menemukan alat untuk mengambil air dari sumur.

Gambar latar adalah Endless Source (sumber air yang tidak ada habisnya) di kompleks makam Imam al-Jazuli (Muhammad ibn Sulayman al-Jazuli).

Ketika beliau tengah kebingungan mencari alat untuk mengambil air, tiba-tiba beliau melihat seorang anak perempuan kecil menghampiri beliau dari tempat ketinggian. Anak kecil itu bertanya, “Siapakah anda tuan, mengapa anda berada di tempat yang sesunyi ini?”

Imam Jazuli lantas menjelaskan hal ihwal beliau dan kesulitan yang tengah menimpanya.

“Anda adalah seseorang yang terpuji, yang terkenal karena keshalehan Anda!” seru anak kecil itu.

Anak perempuan kecil itu tampak kebingungan mencarikan alat untuk mengeluarkan air dari dalam sumur. Setelah agak lama mencari namun tak juga menemukan, si anak lalu mendekat ke bibir sumur dan meludah ke dalamnya.

Ajaib, air sumur tiba-tiba meluap sampai ke atas permukaan tanah!

Setelah minum dan merampungkan wudhu’-nya, Imam Jazuli lantas berkata, “Wahai anak kecil, sungguh aku kagum kepadamu! Dengan amal apakah engkau dapat meraih kedudukan setinggi ini?”

Anak perempuan kecil itu menjawab, Dengan memperbanyak membaca sholawat kepada orang yang apabila beliau (Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam) berjalan di padang belantara, binatang-binatang buas akan mengibas-ngibaskan ekornya (menjadi jinak).”

Setelah mendengar penuturan anak kecil itu, Imam al-Jazuli lantas bersumpah akan menyusun sebuah kitab yang membahas tentang sholawat untuk Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam.

Kelak, setelah kitab tersebut selesai ditulisnya, kitab itu dinamainya Dala’ilul Khoirot. Sebuah kitab yang masih terus dibaca hingga kini karena keberkahannya yang luar biasa.

Syeikh al-Fasi dalam kitab MATHOLI’UL MASARROT (syarah Dala’ilul Khoirot) menjelaskan tentang 10 karomah orang yang bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam (redaksinya dapat dilihat pada FOTO), yaitu sebagai berikut:

1). Mendapat Sholawat dari Malikul Jabbar (Raja Yang Maha Kuat – Alloh Subhanahu Wa Ta’ala)

2). Mendapat Syafa’at dari Nabi al-Mukhtar (Nabi yang terpilih – Sayyidina Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam)

3). Menjadi Teladan bagi Malaikat al-Abror (Malaikat yang baik dan mulia)

4). Berbeda (tidak serupa) dengan orang Munafik dan Kuffar

5). Mendapat penghapusan daripada kesalahan dan Auzaar (dosa-dosa)

6). Mendapat pertolongan bagi tersampaikannya segala hajat dan Authoor (keperluan)

7). Bercahaya dan cemerlang Dzhohir (lahiriyah) dan Asror (bathiniyah)-nya

8). Dibebaskan dari huru-hara negeri Darul Bawar (Negeri yang hancur / binasa)

9). Masuk baginya kedalam negeri Darul Qoror (Surga yang terbuat dari emas merah).

10). Mendapat Salam dari Tuhan (Alloh Subhanahu Wa Ta’ala) ar-Rohiim (Maha Penyayang) dan al-Ghoffar (Maha Pengampun).

PESAN MORAL

Ketauhilah! bahwa SAYANG kepada orang yang diSAYANG itu sangat diSAYANGkan bila yang diSAYANGnya itu tidak SAYANG… 🙁

Tapi bayangkan, apa yang akan terjadi apabila kita MENCINTAI dan MENYAYANGI Sayyidina Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam (yang pada hakikatnya sama juga dengan mencintai dan menyayangi ROBB-nya)?

Maka setiap yang mencintai-Nya tidaklah akan sia-sia dan kecewa.. Ketahuilah, bahwa Alloh Ta’ala dan Rosul-Nya pun akan membalas cintanya. 🙂 <3

Wahai orang-orang yang merindukan (cahaya keindahannya Shollallohu ‘Alaihi Wasallam)… Bersholawatlah dan berikan salam penghormatan kepadanya (Shollallohu ‘Alaihi Wasallam)…!

“ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMAD, WA AALIHI WA SHOHBIHI WA SALLIM”

Wallohu Ta’ala a’lam.

RiseTAFDI team

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress and MasterTemplate